SAMBEL GORENG PRINTIL DAGING



Keribetan membuat sambel goreng ini dimulai dari menggiling daging dilanjutkan dengan membuat bola-bola dagingnya. Namanya juga sambel goreng printil daging, jadinya bola-bolanya harus imut donk ya, kan kalau besar ntar jadinya mirip bakso hihihi. Proses selanjutnya sih seperti membuat sambel goreng biasa aja. Naaah dengan segala keribetan itu, wajar donk kalau saya pengen punya foto yang "agak bagus" dikit dari si sambel goreng ini. Kebetulan saya juga bikin sayur labu, jadi saya sekalian beli lontong untuk bikin lonsay ala-ala. Kelar acara foto-foto, biasanya saya sih gak langsung mindahin foto dari kamera ke laptop. Kadang perlu nunggu berhari-hari untuk mindahinnya hahahah, ketauan banget kan pemalasnya saya ini >_<  Nah entah kenapa kemarin saya pengen langsung mindahin aja karena memang kebetulan lagi senggang. Daaaan yang terjadi adalah saya bukannya mengcopy foto dan memindah ke laptop, yang ada malah foto di delete. Whuaaaa.....hiiiiks. Cuma tersisa 3 foto yang kebetulan belum ikut kedelete, ya tinggal foto ini aja huhuhuhu. Ya sudah laaah masih lumayan kan masih ada fotonya.

Kembali lagi ke sambel goreng printil daging, ada yang membuat printil dagingnya murni dari daging giling yang dibumbui dan dibulatkan kecil-kecil. Saya lebih suka yang ada sedikit kenyalnya, jadi saya tambahkan tepung sagu dan terigu. Gak banyak-banyak kok ngasih tepungnya jadi tetap terasa dominan dagingnya. Monggo disesuaikan aja dengan selera ya. Untuk pelengkapnya saya hanya memakai udang dan petai. Enak juga kalau ditambah kentang atau bahkan buncis. Eh ya mbah saya yang ada di Pekalongan kalau bikin sambel goreng biasanya terdiri dari buncis, udang dan kentang. Enaaak deh, kerasa sedep gitu.

Untuk yang mau bikin sambel goreng printil daging ala saya, monggo berikut ini resepnya ya.

SAMBEL GORENG PRINTIL DAGING

Bahan Printil Daging :

300 gr daging giling
2 sdm tepung sagu
1 sdm tepung terigu
1 putih telur
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
---> aduk rata semua bahan, bentuk bulat kecil sebesar kelereng lalu goreng sebentar. Angkat dan tiriskan.

Bahan Sambel Goreng :
250 gr udang
2 papan petai, belah 2
2 helai dauns salam
2 ruas lengkuas, memarkan
2 barang serai, memarkan
500 ml santan
2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt gula
1 sdm air asam jawa
minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 cabe merah
3 kemiri sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan minak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk-aduk hingga matang agar bumbu tidak terasa langu.
2. Masukkan udang, aduk rata hingga udang berubah warna.
3. Masukkan printil daging dan santan. Bumbui garam, merica dan gula pasir kemudian masukan air asam.
4. Masukkan petai dan lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng



Percaya deh biarpun bikinnya ribet tapi rasanya sesuai laaah dengan kerepotannya hihihi. Alhamdulillah kesampaian makannya dan gak usah nunggu lebaran yang masih lama ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
sumber:catatannina

Baca Juga : Mangut Ikan Asap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna Berkabung Biasanya Hitam, Cari tahu Alasannya Sebelum menikah, Kenapa Baju Pengantin Jawa Berwarna Hitam.

Wah! Tampil Cantik dalam 5 Menit, ini tutorial makeupnya.

Buat Para Cowok 8 Fakultas Ini Bakal Bikin Kalian Betah Kuliah. Banyak Cewek-cewek yang Cantik Banget di Dalamnya!